Radio-Radio Mancanegara Siaran Bahasa Indonesia

    

   
Pada kesempatan ini saya coba membahas beberapa radio di luar negeri (mancanegara) yang menyiarkan aneka berita dalam Bahasa Indonesia. Radio-radio tersebut antara lain:

1. NHK World
NHK adalah satu-satunya lembaga penyiaran publik di jepang yang dimulai tahun 1925. Di Indonesia siaran NHK World (TV) dapat diterima dengan baik di parabola. Untuk siaran radio sendiri, NHK telah memiliki siaran dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Siaran radio NHK World ini dalam bahasa Indonesia dapat diterima melalui gelombang pendek (SW) 9860 kHz, 11925 kHz, dan 11665 kHz, melalui gelombang radio Mitra di Indonesia (http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/indonesian/aboutus/radio.html), melalui satelit (Satelit Intelsat 8) dan streaming internet di http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/indonesian/top/podcasting.html.
2. Radio Netherland Siaran Indonesia (Ranesi)
Radio Netherland Siaran Indonesia (Ranesi) berpusat di Hirversum Belanda. Siaran Radio ini dapat didengar melalui gelombang pendek (SW), Radio Mitra FM di Indonesia, via Satelit (Parabola) maupun internet. Untuk gelombang pendek siaran ranesi dapat dipantau pada frekuensi 9795 kHz, 15650 kHz, 9365 kHz , dan 9720 kHz. Untuk radio Mitra FM, di Indonesia sangat banyak di mana di setiap propinsi terdapat lebih dari 1 stasiun Mitra. Bagi yang ingin mendengarkan ranesi via satelit (Parabola), untuk yang berada di Indonesia, siaran Ranesi dapat diterima dengan melalui Satelit Asia Sat 5. Selain itu, siaran ranesi juga dapat didengarkan melalui streaming di www.ranesi.nl. Informasi lengkap cara penangkapan siaran ranesi dapat dibaca di http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/memantau-radio-nederland-wereldomroep.
 
3. Radio Internasional Islam Iran (IRIB)
IRIB adalah singkatan dari Islamic Republic of Iran Brodcasting. Program siarannya terdiri dari siaran Televisi (Satelit AsiaSat 5) dan Radio. Untuk siara radio, IRIB juga menyediakan siaran dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Pada awalnya siaran dalam Bahasa dinamakan radio Melayu yang didirikan pada tanggal 4 Maret 1995 dengan nama Radio Melayu Suara Republik Islam Iran. Siaran radio ini dapat dipantau melalui gelombang pendek pada frekuesi 17715 kHz dan 15450 kHz (19.30-20.30 WIB) dan pada frekuensi 9775 kHz dan 11800 kHz (05.30-06.30 WIB). Selain itu, IRIB siaran Indonesia ini dapat pula didengarkan dan diterima dengan baik di Indonesia melalui satelit AsiaSat 5. Untuk mengetahui lebih jauh kunjungi situs IRIB Indonesia di: http://indonesian.irib.ir.
  
4. ABC Radio Australia (Rasi)
Radio Australia atau Radio Australia Siaran Bahasa Indonesia (Rasi) atau sering disebut ABC (Australia Brodcasting Coorporation) dapat dikatakan yang paling banyak menyiarkan siaran dalam Bahasa Indonesia di dibandingkan dengan radio luar negeri lainnya yang berpusat di Melbourne Australia. Siaran Rasi dapat didengarkan melalui gelombang pendek (daftar gelombang pendek dapat diunduh di:http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/radio/waystolisten), radio mitra FM di Indonesia, melalui satelit/parabola (Intelsat-19 dan Intelsat-20), serta streaming internet di www.radioaustralia.net.au/indonesian.

5. KBS World Radio
KBS (Korean Brodcasting Coorporation) World Radio menyiarkan berita dalam 11 Bahasa yakni Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Spanyol, Bahasa Prancis, Bahasa Rusia, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Vietnam dan juga Bahasa Indonesia. Siaran dalam Bahasa Indonesia dapat dipantau melalui gelombang pendek (SW) pada pukul 19.00-20.00 WIB (frekuensi 9570 kHz) dan pukul 21.00-22.00 (frekuensi 9570 kHz) dan pukul 05.00-06.00  (frekuensi 9805 kHz). Selain itu siaran dalam Bahasa Indonesia juga dapat dipantau melalui radio mitra di Indonesia (Camajaya 102.6 FM), internet dan lain-lain (lihat di http://world.kbs.co.kr/indonesian/about/about_how.htm).
6. Radio Taiwan Internasional
Radio Taiwan Internasional (RTI) adalah stasiun radio nasional Republik Rakyat Tiongkok di Taiwan. Radio ini memiliki siaran dalam 13 Bahasa di antaranya Bahasa Mandarin (Tiongkok), Mandarin dialek Taiwan, dialek Kanton, Dialek Hakka, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Rusia, Bahasa Spanyol, Bahasa Jepang, Bahasa Vietnam, Bahasa Thailand, dan tidak ketinggalan adalah Bahasa Indonesia juga disiarkan oleh RTI ini. Selengkapnya bisa dibaca di http://indonesian.rti.org.tw/ 

7. BBC London Siaran Indonesia
British Brodcasting Coorporation (BBC) London juga menyiarkan berita dalam Bahasa Indonesia. Walaupun frekuesi siaran dalam bahasa Indonesia sudah berkurang, namun siarannya masih menyediakan program siaran dalam bahasa Indonesia. Siaran ini dapat dipantau melalui Satelit/Parabola (Telkom 1), gelombang pendek dan internet di http://www.bbc.co.uk/indonesia.

8. Suara Jerman (Deutcwelle)
Suara Jerman (Deutchwelle) juga menyiarkan berita dalam Bahasa Indonesia. Siarannya dapat dipantau melalui gelombang pendek (SW), Satelit/Parabola (AsiaSat 5) dan internet di http://www.dw-world.de/indonesia

9. Suara Amerika (VoA)
Suara Amerika atau Voice of Amerika (VoA) juga menyiarkan siaran dalam bahasa Indonesia baik melalui radio maupun televisi. Untuk siaran televisi, VoA telah menjalin kerjasama di beberapa stasiun Televisi besar di Indonesa, begitu pula dengan siaran radio. Siaran VoA dapat didengarkan melalui gelombang pendek (baca di http://www.voaindonesia.com/info/radio_broadcast_schedule/2168.html), Parabola/Satelit (AsiaSat 5) dan internet (http://www.voaindonesia.com)

10. RTV Mustika Suriname
RTV Mustika Suriname adalah siaran Radio dan Televisi yang didirikan oleh masyarakat Suriname di Paramaribo yang tidak lain mereka adalah keturunan Jawa. Walaupun siaran RTV (baik radio dan TV), kelihatannya tidak menyiarkan siaran dalam Bahasa Indonesia, akan tetapi siarannya kebanyakan dalam Bahasa Jawa. Namun jika Anda mengikuti siaran RTV Mustika ini melalui internet (http://www.rtvmustika.net/), kadang-kadang saat kita mendengarkan lagu dari RTV Mustika, banyak juga lagu-lagu berbahasa Indonesia yang tentunya berasal dari Indoesia diputar di Radio Mustika Suriname ini.

11. RTV Garuda Suriname
Seperti halnya RTV Mustika, RTV Garuda Suriname juga didirikan oleh masyarakat Jawa Suriname yang berpusat di Paramaribo. Penulis belum banyak mengikuti program siaran RTV Garuda ini, apalah RTV Garuda ini menyiarkan siaran dalam Bahasa Indonesia atau tidak sebab kebanyakan siarannya dalam Bahasa Jawa. Hanya saja jika penulis melihat program siarannya (contoh siaran radio di: http://www.rtv-garuda.com), kemungkinan menyelenggarakan siaran dalam Bahasa Indonesia. Untuk program Televisi, RTV garuda menyiarkan beberapa Film Indonesia. Anda penasaran silahkan kunjungi situs resmi RTV Garuda Suriname di: http://www.rtv-garuda.com.
12. China Radio International Siaran Indonesia
China Radio International (CRI) atau Radio Tiongkok Internasional juga menyiarkan berita dalam Bahasa Indonesia. Untuk mendengarkan siaran CRI ini kunjungi http://indonesian.cri.cn/

13. Radio Suara Vietnam 
Vietnam sebagai negara ASEAN, juga tidak ketinggalan menyiarkan siaran dalam Bahasa Indonesia. Melalui saluran VOV (Voice of Vietnam), siaran bahasa Indonesia dapat didengarkan. Untuk mendengarkan siaran Radio Suaran Vietnam dalam Bahasa Indonesia, kunjungi: http://vovworld.vn/id-ID.vov.
Beberapa siaran radio di atas dapat pula didengarkan melalui saluran radio pada beberapa penyedia TV Berlangganan di Indonesia. Selain itu masih ada lagi siaran radio luar negeri lain yang menyiarkan berita dalam Bahasa Indonesia misalnya Radio Kerajaan Arab Saudi.


Tidak ada komentar:


Top