SEJARAH BERDIRINYA JAMI’IYAH ANAASYIDUSSHAFA

Dengan usia yang hampir setengah abad,sebuah lembaga berdiri tegak tepat di jantung Kota Bangkalan yaitu Pondok Pesantren Nurul Cholil ( Nurul Cholil Islamic Institution ) telah melahirkan beberapa organisasi diantaranya sebuah organisasi infotainment yang berbentuk Jami'iyah Qosoid yang bernama “Anaasyidusshafa”.
Organisasi ini bukan hanya di jadikan sebagai infotainment saja akan tetapi sebagai wadah bagi santri untuk berkreasi sekaligus untuk menggali potensi,bakat dan minat dalam bidang tarik suara untuk di jadikan sarana dakwah lewat alunan lagu bernuansa Islami.

Awal Berdiri
Pada tahun 17 Juli 1996 muncullah sebuah inspirasi atau ide dari Ust. H.Tahmid Turmudzi (Ahli dalam lagu-lagu Islami) untuk mendirikan sebuah grup qosoid sebagai penyegar bagi santri sekaligus sebagai sarana dahwah Islami.
Untuk menjalankan ide tersebut pendiri Anashidusshafa kemudian melakukan studi banding dan mencari lagu siria ke Mojokerto kebetulan disana ada juga seorang ahli di bidang lagu-lagu Islami.
Akhirnya beliau meminjamkan beberapa koleksi kaset beliau dan dari sekian kaset itu ada sebuah tulisan “ Anaasyidushafa” yang artinya tembang-tembang pilihan.dari situlah kemudian muncul ide agar jam’iyah itu diberi nama Anaasyidushafa.

Debut Perdana
Sebuah desa terpencil kira-kira 10 km dari kota Bangkalan tepatnya di Batu Gubang lahirlah sebuah Jami’yah Anaasyidushafa dengan bermodalkan baberapa rebana (tremble).
Merupakan kebahagiaan bagi kami melantunkan lagu-lagu Islami,khusuk sehingga makin meningkatkan keimanan kami.seperti yang di kutip Extra Madura dari Al-Asror.

Pada tahun 1996 lagu-lagu Anaashidusshafa berniat direkam dalam bentuk kaset dan VCD agar di kenal oleh masyarakat banyak.namun karena banyak mengalami kendala belum bisa terlaksana sehingga pada tahun 2000 rencana itu baru bisa terlaksana dan Alhamdulillah dapat diterima oleh Masyarakat banyak .

- Alaa Baithinnabi ( Vol I (perdana) maret 2000 )
- Syifa’ul Qulub ( Vol II ( ke-dua ) Juli 2003)
- Cahaya Ilahi (Vol III ( ke-tiga ) Januari 2005
- Tholaal Badru (Vol IV (ke-empat) Maret 2006 
- Masih banyak lagi.

Personil
- Mustafa Rahaman 
- Nawawi Fadli 
- Machmud Zain 
- Achmad Ansori 
- Abdi Manaf Cholil
- Ainur Rofiq

Visi Dan Misi
Mempererat tali silaturrahmi,meningkatkan solidaritas Ukhwah Islamiyah,serta me-masyarakatkan sholawat dan men-sholawat masyarakat dengan mengharap ridha Alloh .Amin.


4 komentar:

Anonim mengatakan...

Bos ada Facebookx Nawawi Fadli gak?...

Anonim mengatakan...

Apa ada lagu yang baru mas atau apa mereka masih eksis di dunia naseed Islami?.Musiknya sangat bagus dan merata,enak di dengarkan.Salam dari Bangka Belitung.

Extra Madura mengatakan...

Untuk FB Nawawie belum ada,nanti kami informasikan lagi bila sudah ada,Lagu baru bisa anda cek di Youtube dengan alamat http://www.youtube.com/,machrus21

Abdullah Al Firdaus mengatakan...

Album terdahulu. Yaitu album Ala baitinnabi vol.1 apakah ada yg pnya mp3 nya. Mohon info


Top