Durjan Merupakan Satu Satunya Air Terjun Di Kabupaten Bangkalan

    
Wisata Madura Air Terjun Durjan merupakan satu satunya air terjun di kabupaten bangkalan yang sudah ditemukan. selain itu ada juga air terjun katol timur yang ukurannya lebih kecil. air terjun ini sama sama berada di kecamatan Kokop Bangkalan, di desa Durjan, dusun Dhurbuh. tingginya sekitar 10 meter. untuk menuju kemari akses jalannya agak sulit, sehingga butuh banyak bertanya saja pada penduduk sana.

Lokasinya cukup terpencil berada di Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan. Walaupun letaknya terpencil, namun Air Terjun ini menyajikan keindahan yang luar biasa, dengan tinggi sekitar 10 meter dari permukaan tanah. Anda akan di manjakan dengan keasrian alam sekitar Air Terjun yang masih alami. Air terjun Desa Durjan Terletak di dusun Dhurbuh,Desa Durjan, Kec. Kokop,Kab. Bangkalan.Aksesbilitas Berjarak sekitar 70 Km dari Kota Bangkalan atau sekitar 2,5jam Perjalanan. 

Untuk Menuju Air terjun ini Bisa Melewati 2 Jalur, Yang pertama Melewati Jalur bangkalan menuju kecamatan Blega dan melewati jalur Bangkalan menuju Kec. Tanjung Bumi belok kanan ke kec. Kokop. Bila melalui Bangkalan-Blega Anda akan melintasi kecamatan Blega kemudian belok Kiri menuju Kec. Konang,jalan menuju kecamatan konang sangat ekstrem karena jalan yang hancur jadi terpaksa Grand Roverku harus Off road,.

Dari kecamatan Konang,ada persimpangan,pilih jalan ke kiri menuju desa durjan,Kokop. Perjalanan ke desa durjan sekitar 30 menit,kemudian ada persimpangan lagi,pilih belok kanan. Berjalan lagi sekitar 15 menit akan ada persimpangan,pilih belok kiri menuju dusun dhurbuh,atau menuju air terjun. Lanjut lagi akan ada persimpangan lagi,belok kiri,jalanan semen, jalan ini berujung buntu kerumah warga yang berpagar tembok luas yg sekaligus sebagai bengkel kendaraan,disini kita bisa menitipkan motor kita.

 Selanjutnya kita berjalan kaki alias trekking melintasi pematang sawah.di sini seringlah bertanya pada petani. Selanjutnya berjalan melintasi sungai kecil dan melintasi halaman rumah warga khas tradisional madura,melintasi beberapa petak sawah,kemudian akan terdengar gemuruh air terjun,dan terlihat air terjun yang asri,alami, bersih, non komersial alias gratis.

Air terjun ini tertutup pohon-pohon yang lebat. Tinggi air terjun ini sekitar 10-15 meter. Selain bisa menikmati dari bawah,kita bisa menikmati alam ini dari atas air terjun dengan mengitari air terjun melewati sawah sebelah kanan untuk bisa naek ke atasnya.Saya sarankan sering bertanya pada warga tentang lokasi air terjun ini,karena warga sanapun jarang yang mengenai lokasi air terjun ini. Air terjun ini memang benar-benar underexposed karena susah sekali menemukan lokasinya. 

Untuk mencapai daerah Kokop, harus melalui Kecamatan Tanjung Bumi, yang juga di wilayah ini terdapat dieksplorasi keindahan Pantai Siring Kemuning. Dari sini kemudian kearah selatan merupakan akses untuk mencapai daerah Kokop. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan tanah, air terjun ini mengalirkan air yang sangat dingin dan hawa sejuk di sekitarnya. 

 Batu-batu kecil, ganggang tanaman lumut serta akar pohon besar yang menembus bebatuan makin menambah keunikan dan eksotisme air terjun ini. Memang berwisata di Air Terjun Kokop, bukan sekedar menikmati air terjun, namun justru yang menarik, selama perjalanan mencapai lokasi ini, akan selalu dihadang oleh panorama alam terbukan, asri, serta menikmati hamparan sawah ladang serta sapaan masyarakat sekitar yang demikian bersahabat dan menmghhargai setiap tamu yang masuk wilayahnya.


Tidak ada komentar:


Top