Microsoft Buat Pesaing Baru Facebook dan Google+


Persaingan di dunia jejaring sosial semakin ramai. Bukan hanya kompetisi antara Facebook dengan Google+ saja, melainkan ada yang akan hadir menantang keduanya. Adalah Microsoft yang baru-baru ini dikabarkan sedang menguji secara diam-diam sebuah jejaring sosial baru, yang disebut Socl.com. Sepertinya Microsoft akan membuat jejaring sosial yang mirip dengan Google+.


Proyek, yang disebut Tulip tersebut, memiliki slogan "Find what you need and share what you know easier than ever". Seperti yang dikutip dari The Verge, sesuai slogannya, Socl merupakan perpaduan antara pencarian, petualangan, dan sosial. Socl memiliki desain dengan tata letak tiga kolom standar, dengan navigasi utama berada di sisi kiri, aliran berita/update di tengah, dan kumpulan beberapa fitur di sebelah kanan.

Kolom untuk pencarian terletak di bagian paling atas, yang search engine-nya tentu saja menggunakan Bing dari Microsoft. Setiap kali pengguna mencari dengan kata kunci tertentu, Bing akan memberikan hasil yang relevan dengan aktivitas pemilik akun tersebut.

Socl memiliki feature "Video Party" yang mirip dengan feature video conference yang terdapat di Google+, Google Hangouts. Dengan "Video Party", pengguna dapat melakukan percakapan melalui video dengan beberapa pengguna lain dalam satu waktu.

Namun, pihak Microsoft sendiri belum memberikan konfirmasi. Jika benar Microsoft bakal meluncurkan Socl, tentunya ini akan memanaskan kompetisi Jejaring Sosial. Lalu, kira-kira bagaimanakah nasibnya, apakah akan seperti Google+ yang sepi dari pengunjung, atau bakal melibas rival beratnya, Facebook? Kita tunggu saja. [...]


Tidak ada komentar:


Top