Jangan Terburu-Buru Upgrade Windows 10 Laptop/PC, Ini Alasannya;


Sejak 29/30 Juli 2015, Windows 10 sudah bisa dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia dengan fasilitas gratis instal selama 1 tahun. Windows 10 ini dalam aplikasikan tidak harus menjadi OS utama pada PC/Laptop Anda. Untuk saat ini jangan terburu-buru mengupgrade OS lama Anda dengan Windows 10, berikut ini alasannya:

1. Sistem tidak berjalan normal
Sebelum Anda benar-benar menginstal Windows 10 sebaiknya cek spesifikasi melalui halaman resmi Microsoft. Cocokkan apakah Laptop/PC Anda sudah masuk kriteria untuk bisa mengupgrade OS tersebut. Syarat minimum agar bisa menginstal OS 10 adalah 1GB RAM (32-bit) / 2GB RAM (64-bit), ruang hard disk 16 GB (32-bit) / 20 GB (64-GB), DirectX 9 atau lebih tinggi, Graphic Card WDDM 1.0, serta beberapa spesifikasi lain.
Apabila spesifikasi di bawah standar tersebut maka Anda juga perlu meng-upgrade hardware agar OS bisa digunakan, tentu saja akan menambah biaya lagi.

2. Gratis Setahun Instalasi
Dari pihak Microsoft hanya memberikan waktu setahun untuk instal secara gratis OS terbaru tersebut. Lebih dari waktu tersebut, pengguna akan dikenakan biaya. Jadi, misalnya Anda membeli Windows tanggal 25 Juli 2015 maka Anda bisa meng-upgrade Windows 10 secara gratis sampai 25 Juli 2016. Lewat dari tanggal tersebut Anda diminta membeli Windows 10 dan penggunanya juga dibatasi.

3. Lebih baik Windows 7 dan 8
Windows 10 hanya merupakan versi update dari windows 8 dengan beberapa fitur tambahan. JIka Anda saat ini menggunakan windows 8.1 maka bisa dianggap sudah menikmati fitur yang ada di windows 10.
Mungkin 10 tahun yang akan datang Anda memang harus menggunakan windows 10. Namun saat ini semua software aplikasi seperti office, game, entertain masih bisa mendukung Win 7 dan WIn 8. Nah, jadi untuk apa meng-upgrade ke Windows 10 karena hanya akan menyiksa performa PC/Laptop Anda.

4. Security Update Vista, Win 7 dan Win 8 masih berlaku sampai 2023
Rencana Microsoft adalah menghentikan update sistem untuk tiga OS sebelum Win 10, namun bukan berarti Anda harus berpindah ke Win 10. Nikmati ketiga OS ini sekarang selama update sistem berakhir. Hitung-hitung Anda diberi kesempatan untuk menabung untuk membeli Laptop/PC yang suport Win 10 nantinya.
Untuk Windows Vista update sistem berakhir pada April 2017, pada Windows 7 pada bulan Januari 2020, dan Windows 8 berakhir pada Januari 2023.

5. Suka barang jadul
Jika Anda menggemari perangkat-perangkat jadul pada PC/Laptop Anda maka hanya sekali-kali meng-upgrade Windows 10. Misalnya Anda masih memiliki printer lama yang hasil printnya masih bagis. Pada Windows 10, driver printer jadul sudah tidak tersedia sehingga Anda tidak bisa menggunakan printer itu lagi.


Tidak ada komentar:


Top