TORON...TORON...TORON...

Hari raya Idhul Adha (6/11) menjadi hari yang sangat istimewa bagi sebagian warga Madura baik di kepulauan maupun di perantauan.Pada saat itulah mereka TORON ke kampung halamannya untuk merayakan hari raya kurban bersama keluarga dan sanak family.Keistimewaanya melebihi hari raya Idul Fitri yang bagi Umat Muslim identik dengan saatnya mudik.

Untuk massa angkutan lebaran Idhul Adha, hari ini (05/11) jumlah penumpang kapal penyebrangan Ujung Surabaya – Kamal sudah mengalami peningkatan.

Menurut Kepala Angkutan Sungai Danau dan Pantai (ASDP) Tanjung Perak Surabaya, Elviyosa, peningkatan terjadi sejak pagi tadi. Hingga malam nanti diperkirakan jumlah penumpang yang menyebrang dari Surabaya menuju Madura diperkirakan mencapai 6500 penumpang.

Elvi yosa menambahkan, lonjakan akan terjadi pada esok hari. Meski demikian, jumlah armada kapal masih tetap seperti biasa yakni, 6 kapal. Namun jika kondisi hujan, kemuingkinan besar jumlah penumpang akan banyak bertambah, karena banyak pengemudi roda dua yang memilih jalur kapal daripada melewati jembatan Suramadu.

Jumlah penumpang sendiri diperkirakan mengalami kenaikan 10 persen dari hari hari biasanya.

Sementara terkait pengamanan, pihaknya juga melakukan penambahan hanya saja tidak ada posko pantau seperti lebaran idul fitri. Pengaman ektra ini akan diberlakukan sampai arus balik pada hari Senin (07/11).

H-2 Idul Adha, Toron di Suramadu Mulai Meningkat

Menginjak H-2 Idul Adha, kepadatan arus toron mulai terjadi di Jembatan Suramadu. Bahkan, jalur untuk roda empat juga dibuka untuk melayani roda dua.

Kepala gerbang Tol Jembatan Suramadu, Suharyono mengatakan kepadatan lau lintas ini mulai terjadi pukul 13.00 WIB tadi. Diperkirakan volume kendaraan akan terus melonjak sampai Minggu (6/11/2011) pagi.

"Para pemudik ingin mengejar sholat ied di Madura. Diprediksi, peningkatan arus kendaraan sampai Minggu (6/11/2011).

Volume kendaraan pada hari ini terpantau mencapai sekitar 22 ribu untuk roda dua. Sementara jumlah roda empat yang lalu lalang di Jembatan Suramadu meningkat 5-10% dari biasanya. (....)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Aq tambahin kang Axing juga membuat kartu untuk Madura,Jadi bisa diartikan bahwa Madura lahan basah yang perlu di maksimalkan oleh penyedia layanan seluler ataupun Internet.Bravo Madura...


Top