3 Besar AntiVirus Lokal Buatan Anak Negeri


     Indonesia akhir - akhir ini menjadi sorotan dunia Internasional dengan munculnya embong teroris tersohor Nurdin M Top yang sempat meresahkan dunia. Berbagai rentetan bencana Alam yang melanda Negri Tercinta ini serta kontroversi saling Klaim hasil budaya oleh negara tetangga yang ternyata diakui dunia sebagai Kekayaan Negri tercinta Indonesia. Selain hal hal diatas Indonesia juga memiliki banyak prestasi di dunia teknologi terutama di bidang teknologi Informasi yang patut kita banggakan. Misalnya saja konsep VOIP Rakyat yang di gadang gadang oleh pak Onno W Purbo dan teamnya. Serta dikenalkannya WajanBolik ( WokBolik) ke dunia TI Internasional sebagaisolusi perangkat murah untuk koneksi Wireless.

Memang sebenarnya banyak hal yang tidak bisa di remehkan dari Indonesia, misalnya saja soal securitas dalam hal ini AntiVirus Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Antivirus Lokal yang bisa kita jadikan suatu hal yang cukup membanggakan dari bangsa kita. Tercatat lebih
dari 40 Antivirus Lokal yang pernah beredar di Indonesia. Beberapa diantaranya sudah tidak lagi di kembangkan atau bahkan sudah tidak di update lagi. Dan saat ini terdapat 3 AntiVirus lokal yang cukup bagus dan masih terus di kembangkan dan di update secara rutin.

Dan 3 Antivirus karya anak bangsa itu adalah :

PC MEDIA ANTIVIRUS (PCMAV) - ratting ( 8/10 )
PCMAV adalah AntiVirus Lokal yang terpopuler dan paling banyak digunakan oleh para        pengguna komputer di Indonesia.PCMAV bisa dikatakan sebagai pelopor AntiVirus Lokal karena merupakan antivirus Indonesia pertama yang diciptakan oleh team antivirus dari Majalah PC Media yang mulai di populerkan padaq awal tahun 2006 dan terus dikembangkan sampai sekarang.

PCMAV ini bisa di update tiap minggu di situsnya  ataupun melalui fasilitas auto Update nya yang sudang mulai dikembangkan.Melalui rilis terbarunya PCMAV 2.2 Valkyrie mampu mendeteksi 3.025 virus yang banyak beredar di Indonesia, bahkan dengan menambahkan database virus CLAMAV ( database virus Internasional ) daya deteksi PCMAV bisa lebih ampuh lagi.

PCMAV Cleanernya mampu membersihkan virus secara tuntas tanpa merusak file yang terinfeksi.
RealTime Protector ( RTP ) mampu mencegah infeksi virus bahkan dari virus yang belum terdaftar dalam data basenya.
Rilis terbaru dari PCMAV juga sudah bisa disandingkan dengan antivirus lain tanpa terjadi false alarm ( saya mencobanya dengan AVIRA )
Kekurangan PCMAV adalah karena masih menggantungkan database untuk proses scanning maka membutuhkan waktu yang cukup lama.

ANSAV / AVI - rating ( 7/10 )
ANSAV adalah Antivirus lokal Indonesia yang menjadi pesaing PCMAV semenjak dipopulerkan pada Oktober 2006.Team ANSAV seringkali mengadakan seminar tentang virus dan antivirus di berbagai tempat, oleh karenanya ANSAV ini memiliki komunitas yang cukup besar yang biasa di sebut ANSAVER yang sering berdiskusi di berbagai forum.

ANSAV memiliki banyak kelebihan dibanding antivirus yang lain. Kemampuanya untuk mendeteksi virus sangat sensitive dan tertanam sempurna pada komputer, akibatnya dimana saja ada akses terhadap file maka ANSAV secara Automatis akan melaukan scanning.

Kelebihan lain dari ANSAV adalah memiliki Pulg-In (AddOn) yang bisa di kembangkan oleh siapapun untuk menambahkan tool baru pada antivirus ini.
ANSAV dapat di Update secara rutin melalui situsnya resminya.  
Kekurangan ANSAV adalah tidak mampu membersihkan virus secara tuntas sehingga meninggalkan bekas pada registry.

SMADAV - rating ( 7/10 )
SMADAV yang mulai muncul pada bulan Maret 2007 ini mulai menunjukkan peningkatan pengguna yang signifikan pada awal tahun 2009. Meski penggunanya belum sebanyak PCMAV dan ANSAV.
SMADAV memiliki kelebihan pada waktu scanningnya yang sangat cepat serta system proteksinya yang ringan tanpa membutuhkan banyak resource Komputer.

SMADAV juga dapat di gabungkan secara sempurna dengan AntiVirus lain termasuk antivirus import
Fitur manualnya memungkinkan kita untuk membersihkan virus secara tuntas pada 1500 area registry walaupun virus belum terdeteksi oleh SMADAV
Teknik Heuristik yang di milikinya hampir menyerupai fitur RTP pada PCMAV yaitu mampu mengenali virus dan mencegah terjadinya infeksi meskipun virus tersebut belum terdaftar dalam database SMADAV.
Kekurangan SMADAV adalah masih belum mampu membersihkan virus impor secara tuntas seperti Conficker dan Alman, hanya mampu mencegahnya menginfeksi komputer.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya sepertinya SAMDAV ini akan mampu bersaing jika terus di kembangkan akan berpotensi menjadi antivirus yang handal.SMADAV dapat diupdate melalui situs resminya 

3 Antivirus lokal diatas memiliki kelebihan maupun kekurangan tentunya membutuhkan dukungan kita untuk terus dikembangkan agar mampu menjadi kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia. Dan jika anda pengguna komputer yang ingin komputer anda selamat dari virus, maka berusahalah untuk selalu meng- Update apapun Antivirus yang anda gunakan, karena sehebat hebatnya Antivirus jika tidak di Update Percuma, tetep saja Jelek. (...).


3 komentar:

Satria mengatakan...

Tetap saja yang namanya PCMAN,AVi,Smadav hanya dapat membasmi virus2 lokal saja,padahal lebih bahaya virus global.

anton mengatakan...

Menurutku saat ini anti virus yang paling bagus adalah avira.gampang,updatenya gratis lagi.

Putra Madura mengatakan...

Sebenarnya semua anti virus itu sama asal bisa di update walau tidak tiap hari,cuma yang paling bagus menurut aq memang Avira baik versi kompi atu versi hp sama2 ampuh untuk membasmi virus.


Top