banner here

Cari Blog Ini

Penyebab Modem Tidak Terdeteksi PC

advertise here
Mungkin sahabat menpunyai keluhan yang sama dimana modem atau flashdisk atau alat lain yang membutuhkan port USB sebagai penghubungnya tidak terdeteksi oleh komputer kita.
Ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk mengatasi hal seperti ini berdasarkan pengalaman sendiri. Berikut langkah-langkah yang dimaksud :
Periksa dahulu setingan BIOS, barangkali setingan untuk konfigurasi USB belum enable. Setingan ini bisa berubah menjadi disable ketika batre BIOS sudah lemah. Indikasi lemahnya batre BIOS bisa dilihat pada pengaturan tanggal dan waktu yang ngaco. Segera ganti batre dengan yang baru jika hal ini terjadi.
Jika langkah di atas belum juga mengatasi masalah, coba klik tombol Start. Jalankan Run. Tulis Regedit dan OK. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Services\USBSTOR. Pada Start, nilai REG_DWORD harus 3 atau posisi Enable.
Masih belum teratasi ? Coba cek modem kita di beberapa PC orang lain, Jika masih tidak terdetek kemungkinan besar adalah modem kita rusak dan harus di lem biru.
Atau coba test dengan memasang modem orang lain di PC kita. Jika masih tidak terdetek maka kemungkinan besar port USB kita yang mengalami masalah. Pemecahannya adalah dengan memasang USB Card pada slot PCI.
Jika tetap masalah tersebut tidak teratasi, kemungkinan terjadi konflik pada motherboard kita. Solusinya adalah ganti motherboard dengan yang baru, dijamin mantap.

Selamat ber-troubleshooting aja.

Terkini