Penerimaan CPNS Sidoarjo Tertutup Bagi Pegawai Honorer

Pegawai honorer Kabupaten Sidoarjo gigit jari, karena mereka tak bisa mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Badan Kepegawaia Daerah Sidoarjo hanya membuka pendaftaran CPNS dari jalur umum.

"Hanya tersedia 233 formasi, tertutup untuk tenaga honorer," kata sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo, Mharta Warakusuma, Jumat (22/10).

Sedangkan, bagi tenaga honorer tetap diberikan kesempatan untuk mendaftar melalui jalur umum. Sehingga tak ada kemudahan seperti yang diterapkan bagi tenaga honorer sebelumnya. Menurutnya, hingga kini pemerintah belum membuka jalur khusus tenaga honorer dalam rekruitmen PNS tahun ini.

Ia menjanjikan, tenaga honorer yang terdata di pusat data 2005 akan diangkat menjadi PNS melalui jalur khusus.


Mharta menyebutkan telah mengajukan 900 formasi dengan berbagai bidang. Namun, hanya disetujui 233 formasi, padahal kebutuhan pegawai di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo cukup tinggi. Sebab, setiap tahun sekitar 400 PNS memasuki masa pensiun. Total jumlah pegawai sebanyak 16.400, 15 ribu diantaranya berstatus PNS.

Sejumlah pegawai honorer kecewa atas rekruitmen CPNS yang hanya berlaku untuk jalur umum. Sebab, mereka sangat berharap segera diangkat menjadi PNS. Alasannya, mereka telah bekerja 5-15 tahun sebagai tenaga honorer. "Honorariumnya kecil, saya berharap segera diangkat," kata guru honorer SD Negeri Sukodono, Dian Anggraeni.

Padahal, Dian bersama pegawai honorer lainnya telah menyerahkan berkas dan data administrasi ke Bagian Kepegawaian. Sebab, tersiar kabar rekruitmen PNS juga dibuka jalur khusus tenaga honorer.(...)


1 komentar:

Ayu Maulidah mengatakan...

Maunya pemerintah ini bagaimana? kalau memang untuk jalur honorer gak ada pengangkatan,kenapa kami disuruh menyerahkan berkas?Apalagi kami sudah kena biaya banyak untuk ngurusin ini dan itu,bagi kami berat sekali,apalagi gaji kami sangat-sangat minim sekali.mohon dipertimbangkan.


Top