Fenomena Yang Menggegerkan Indonesia Tahun 80-an


Gerhana matahari total yang terjadi 11 Juni 1983 adalah Sebuah peristiwa yang tak terlupakan bagi aku dan keluarga mungkin juga bagi sebagian orang yang mengalaminya.Saat itu aku masih kelas II SD tidak bisa leluasa melihat karena di larang oleh orang tua ,lagi pula jauh-jauh hari pemerintah sudah menghimbau melalui TVRI,RRI dan Sekolah-sekolah agar tidak melihat langsung area gerhana karena bisa mengakibatkan kebutaan,cukup melalui baskom yang di isi air atau plastik film .

Berita tentang gerhana matahari ini sangat fenomenal dan terkesan membuat kisruh.Sampai TVRI dan RRI menyaiarkan langsung fenomena ini.Siapapun yang mengalami masa itu pasti diliputi penasaran karena mungkin baru sekarang mengalami fenomena gerhana total yang mungkin saja Cuma bisa dialami satu kali seumur hidupnya.sampai waktu itu ayah saya membawa radio ke masjid agar informasinya bisa di ketahui orang banyak.

Saat gerhana terjadi, suasananya sangat sepi. Yang tadinya cuaca cerah hangat tiba-tiba matahari seperti ada yang menyelimuti membuat gelap dunia. Ayam jago berkokok bersahut-sahutan. 

Langit berwarna seperti saat subuh atau senja. Temperatur langsung sejuk, tanpa terasa dari mulutku meneriakkan "Allahu Akbar". Ketika kelihatan matahari yang gelap dengan di keelilingi cahaya berbentuk cincin. Sungguh suatu nikmat yang diberikan Alloh yang tidak mungkin bisa dipertontonkan kembali dalam waktu dekat di masa mendatang. Ini adalah pemandangan sekali seumur hidup.


Tidak ada komentar:


Top