banner here

Cari Blog Ini

FIFA Larang Pemain Bola Wanita Berjilbab

advertise here
Keputusan FIFA untuk melarang para pemain bola wanita yang memakai jilbab, nampaknya sulit untuk dirubah. Hal tersebut membuat tim nasional sepak bola putri Iran terancam gagal tampil di babak kualifikasi Olimpiade 2012 sebab para pemainnya telah menggunakan jilbab. Meski Federasi Sepak Bola Iran (FFIRI) sudah mengajukan keberatan atas peraturan FIFA, namun pihak Federasi Sepakbola Asia itu tetap menolak.

“Tindakan kami melarang timnas putri Iran untuk bermain sudah tepat. Pasalnya, kami sudah menginformasikan aturan yang melarang memakai jilbab kepada mereka sebelum mereka melawan Jordania. Jilbab dan syal yang menutupi leher dilarang dengan alasan keamanan,” demikian pernyataan yang disampaikan FIFA. FIFA sudah melarang penggunaan jilbab sejak 2007. Mereka juga menambahkan aturan melarang pemakaian syal di leher sebagai penghangat dengan alasan yang sama.

Iran bersama Jordania berada di satu grup dengan Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam di babak penyisihan awal Olimpiade 2012 yang dimainkan di Jordania. Pemenang akan melaju ke babak penyisihan terakhir yang dihuni lima negara Asia terbaik. Dua posisi teratas akan maju ke putaran final di London, Inggris, tahun depan.

Terkini