5 Aplikasi Android Pendeteksi Gempa

  Gempa bumi merupakan salah satu jenis bencana alam yang memiliki kemungkinan terjadi yang tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Beberapa bulan ini juga sudah terjadi beberapa gempa di wilayah pulau Jawa. Sebagai salah satu negara rawan gempa, ada baiknya kita selalu berhati-hati dan memasang aplikasi untuk mendeteksi gempa pada smartphone kita. Berikut uraian beberapa jenis aplikasi pendeteksi gempa yang bisa dipilih.

1.Vibrator Meter 

Vibration Meter merupakan salah satu aplikasi untuk mendeteksi gempa yang sudah diunduh sampai 5 juta unduhan. Aplikasi dengan besar 2.7 Mb ini bisa dijalankan pada android versi 2.2 ke atas.

Aplikasi pendeteksi gempa ini bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone yang akan mengukur getaran serta gempa.

Aplikasi ini juga akan memperingatkan berapa besar getaran atau gempa yang terjadi lengkap dengan dampak apa yang mungkin ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Misalnya untuk peringatan no IV yang diberi nama “Moderate” dan ditandai dengan benda-benda yang tergantung mulai bergerak-gerak. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan alarm dengan besar kecilnya volume alarm bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2.Eartquake Alaret!

Aplikasi ini memiliki jumlah unduhan mencapai 1-5 juta. Earthquake Alert! ini bisa diunduh sesuai dengan smartphone yang digunakan baik ukuran filenya maupun versi androidnya.

Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu untuk mendeteksi gempa tetapi juga banyak fitur bermanfaat lainnya, seperti di bawah ini.


  • Berita tentang gempa yang baru terjadi di seluruh dunia.
  • Klik lokasi gempa untuk melihat peta.
  • Terdapat alarm
  • Tampilan peta berdasarkan satelit.
  • Tampilan peta bisa menunjukan besaran dari gempa
  • Dan masih banyak lagi.


3. Equake Detector

Aplikasi deteksi gempa dengan besar 3,1 Mb ini bisa dijalankan pada android versi 2.3.3 ke atas. Tampilan dari aplikasi ini terlihat sederhana, seperti hanya sebuah tombol start pada komputer.
Akan tetapi, fungsi dan manfaat aplikasi ini sangat penting. Aplikasi ini akan memperingatkan Anda bila terjadi getaran akibat gempa sehingga Anda bisa waspada dan segera menyelamatkan diri dan keluarga.
Cara penggunaan aplikasi ini juga mudah. Anda hanya tinggal membuka aplikasi dan menekan tombolnya.
Sedangkan fitur-fitur yang bisa Anda nikmati di antaranya alarm yang didesain dengan baik, alarm pemberitahuan juga bisa disesuaikan dan diganti dengan ringtone yang terdapat pada ponsel, dan adanya iklan yang akan mendukung pengembang aplikasi ini.

4.Multi Measures 

Aplikasi satu ini memang bukan termasuk aplikasi khusus pendeteksi gempa. Akan tetapi, salah satu fitur dari aplikasi ini bisa menjadi pendeteksi untuk gempa.

Muliti Measures memiliki 12 alat di dalamnya yang memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. 12 alat tersebut di antaranya Decibel, Teslameter, Compass, Timer, Seismometer, Metronome, Stopwatch, Spirit/Bubble Level, Surface Level, Plumb Bob, Protactor, dan Ruler.

Di antara 12 alat tersebut, Seismometer merupakan alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi gempa. Seismometer bisa mendeteksi getaran dan gerakan dari perangkat.

Selain bisa membantu untuk mendeteksi gempa, alat ini juga bisa membantu untuk mengetahui seberapa halus gerakan mobil saat dilakukan test drive.

5.Seismometer

Seismometer 6th merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi gempa yang bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. Hal-hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini selain untuk mendeteksi gempa di antaranya melindungi smartphone dengan memasang alarm dan mengecek kehalusan laju mobil.

Fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi ini di antaranya alarm dengan 3 level sensitivitas, bisa mengekspor data melalui email, suara alarm yang bisa disesuaikan, tersedia skala linear dan skala logaritma, dan masih banyak lagi.
Aplikasi ini sudah bisa dijalankan pada smartphone dengan android versi 2.2 ke atas dengan besar 15 Mb.

Mendeteksi gempa sejak dini bisa menjadi sebuah peluang besar bagi Anda untuk bisa lebih waspada dan tentunya segera menyelamatkan diri.

Jadikan smartphone Anda bukan hanya sekadar teman untuk aktif di sosial media, tetapi juga menjadi teman untuk mengingatkan sebuah adanya bencana gempa bumi.
Demikianlah pembahasan tentang 5 jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi gempa. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk Anda semua.(Plimbi).


Tidak ada komentar:


Top