banner here

Cari Blog Ini

Trik Meningkatkan Kapasitas Memory Card

advertise here
Semakin canggih ponsel dan semakin banyak kegunaannya, maka kapasitas memori yang ada didalam ponsel akan menjadi sesuatu hal yang penting. Memori ponsel sudah tidak cukup lagi untuk mengatasi kebutuhan memori sehingga lahir memory eksternal atau MMC. Banyak sekali macam dan ragam memori external yang mampu disuport oleh ponsel.
Berikut ini akan aku berikan sedikit trik menarik yang mampu meningkatkan kapasitas memori card, selain memperluas kapasitasnya juga mampu membuat kinerja ponsel menjadi semakin cepat.
Sebenarnya, file yang tersimpan didalam MMC tersimpan dalam multiple (disk) block. Jadi jika kamu memformat Memory Card menggunakan 16K block, maka kapasitas lokasi yang digunakan selalu berukuran 16K block, walaupun file yang disimpan hanya berukuran 1K.

Jika kamu membeli MMC dipasaran, umumnya semua telah diformat menggunakan 16K block, jadi akan banyak space terbuang karena umumnya program ponsel yang terinstal hanya 2K-3K. Untuk melakukan tips ini, kamu membutuhkan Card Reader, caranya :

a. Pasangkan card reader dan copy semua file yang ada didalam MMC ke komputer. Tapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu kamu telah mengatur untuk menampilkan file yang tersembunyi (Show hidden and folders). Caranya klik Folder Options -> View -> Pilih Show hidden files and folders.

b. Lakukan format MMC menggunakan perintah ‘format’ dan gunakan pilihan /A: size option.
Beberapa alternatif lain bisa menggunakan Disk Management didalam Admin istrative tools untuk melakukan format. Pastikan untuk memilih kategori FAT. Untuk kapasitas memori MMC 256 MB kapasitas memori block terkecil yang digunakan yaitu 4K, 128 MB adalah 2K dan 64 MB adalah 1K.

Sebagai catatan : kamu tidak dapat menggunakan ponsel untuk perintah Format MMC, karena langkah ini hanya membersihkan file, tidak merubah ukuran block pada MMC tsb.

c. Copy kembali semua file yang tadi disimpan didalam komputer, dan kamu akan memperoleh kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.MMC 256 MB akan memperoleh kembali space 30+ MB.

Terkini